Laman

Jumat, 02 Maret 2012

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

     Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan (primodial) kesukuan dan kedaerahan membuat indonesia perlu mempelajari budayanya di tiap - tiap daerah nusantara. Oleh karena itu lah diperlukannya ilmu khusus yang mempelajari itu yakni ilmu budaya dasar.

     Ilmu adalah sesuatu yang kita pelajari dan terapkan dalam kehidupan. Budaya adalah kebiasaan suatu masyarakat di daerah tertentu yang sudah menjadi ciri khas tersendiri di tempatnya. Jadi secara sederhana, ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang dasar – dasar nilai dari suatu kebiasaan masyarakat tertentu  yang ada di sekitar kita.

      Dalam kehidupan sehari - hari ilmu budaya dasar ini dapat diterapkan sebagai alat untuk mengenali kebudayaan sekitar karena penting untuk kita terutama mahasiswa sebagai generasi muda  dalam membedakan sisi positif dan negatif yang ada dari kebudayaan itu. Sebagai contoh penerapannya, apabila kita baru pindah ke daerah yang baru dengan budaya yang baru kita datangi juga. kita bisa langsung menyesuaikan diri apabila kita mempelajari kebudayaan - kebudayaan mereka sebelumnya. karena dengan mengenal kebudayaan mereka kita juga bisa mengenali masyarakatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar