Laman

Kamis, 28 Juni 2012

Origami


Origami adalah sebuah seni melipat kertas. Seni ini kemungkinan berasal dari negeri Tiongkok China yang berkembang di Jepang bersamaan denga mulai diperkenalkannya penggunaan kertas sekitar 105 Masehi. Seni melipat kertas ini mulai berkembang lebih luas pada jaman Edo era (1603-1867). Teknik lipatan kertas dan beragam obyek yang diciptakan dari yang sangat sederhana dan hanya memerlukan waktu beberapa menit untuk membuatnya sampai bentuk rumit yang memerlukan waktu beberapa jam.
Semakin hari semakin banyak seniman-seniman origami yang bermunculan dipicu dengan semakin mudah kita mendapatkan kertas. Origami yang diciptakan pun semakin beragam dan memiliki bentuk-bentuk yang unik. Sulit untuk dipercayai bahwa banyak bentuk yang bisa diciptakan oleh selembar kertas utuh tanpa memotong ataupun menggunakan perekat namun hanya mengandalkan lipatan saja.
Salah satu seniman origami paling terkenal saat ini adalah Satoshi Kamiya yang mampu membuat berbagai bentuk origami sulit hanya dari selembar kertas dan sekali lagi tanpa memotongnya sama sekali. Menurut Satoshi karya origami yang paling sulit adalah bentuk naga karena membutuhkan waktu sampai beberapa bulan untuk mengerjakannya. Secara umum untuk membuatnya origami kita bisa menggunakan kertas biasa namun kebanyakan origami di Jepang menggunakan kertas khusus untuk origami. Perbedaan antara kertas biasa dan kertas origami hanyalah dari segi design dan warna saja yang sangat beragam sehingga membuat origami menjadi semakin indah dan sama sekali tidak berhubungan dengan teknik seperti lipatan kertas menjadi lebih mudah dan sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar